Free Fire

3 Perbedaan Game PUBG Mobile dan Free Fire

Kira-kira apa saja ya 3 perbedaan PUBG Mobile dan Free Fire? Sobat gaming pasti udah gak asing dengan game yang memiliki konsep battle royale pada gameplay-nya, seperti PUBG dan Free Fire.

Game dengan jenis battle royale, memiliki konsep dimana terdapat banyak pemain yang dikumpulkan pada satu tempat. Kemudian pemain tersebut diharuskan bertahan hidup, hingga menjadi the last man standing.

Untuk mendukung pemain bertahan hidup, game tersebut akan menyediakan beberapa senjata yang bisa digunakan. Beberapa senjata yang bisa digunakan seperti senapan, panci, granat dan masih banyak lagi. Pada kesempatan kali ini, BAHASGAME.ID akan menjelaskan apa sih perbedaan dari game battle royale PUBG Mobile dan Free Fire?

Kenapa bahas kedua game ini? Karena di internet banyak sekali perdebatan dari masing-masing pemain game ini baik itu di facebook, maupun instagram. Mereka berdebat dan saling mengunggulkan mengenai game yang mereka mainkan.

Jadi pada artikel kali ini, BAHASGAME.ID akan mencoba memberikan penjelasan singkat mengenai perbedaan dari PUBG Mobile dan Free Fire. Lalu siapa sih yang terbaik dari keduanya?

Oya, penjalasan ini nantinya menurut pengalaman memainkan keduanya. Sobat Gaming boleh setuju, boleh juga gak. Okey kita masuk ke pembahasan intinya. Berikut 3 perbedaan dari PUBG Mobile dan Free Fire, berdasarkan pengalaman memainkan kedua game ini.

1. Grafik

Secara umum PUBG Mobile memang lebih unggul soal grafik yang ditawarkan. Secara tampilannya, PUBG Mobile terlihat lebih detail dan nyata dibandingkan Free Fire. Bukan berarti grafik Free Fire itu jelek. Pada dasarnya, Free Fire memiliki grafik yang bagus. Tapi bila dibandingkan dengan PUBG Mobile, sepertinya PUBG Mobile memang lebih unggul.

Ada catatan penting nih, kualitas grafik yang ditawarkan PUBG Mobile memang lebih unggul dari Free Fire. Tapi hal ini tidak akan bisa dirasakan bila Sobat Gaming menggunakan handphone dengan spek yang rendah. Karena kualitas grafik PUBG akan turun jika handphone yang digunakan tidak bisa mendukung setting HD, HDR dan Ultra HD.

Sedangkan untuk Free Fire, kualitas grafik akan terlihat tetap menarik dan bagus. Walaupun sobat gaming menggunakan handphone dengan spek yang rendah. Hal ini dikarenakan Free Fire memang merupakan game yang low-spec friendly.

Jadi asumsinya seperti ini, kemungkinan pihak developer sengaja membuat grafik yang rendah, agar semua jenis smartphone bisa menikmati game ini. Kalau memang asumsi ini benar, ini merupakan strategi yang sangat baik. Karena kemungkinan pemain yang memainkan Free Fire akan semakin banyak.

2. Mode game

Untuk mode game yang ditawarkan, PUBG Mobile lebih banyak memberikan mode game dibandingkan free fire. Sehingga pengalaman bermain menjadi lebih asik.

  • PUBG Mobile

Pada PUBG Mobile, bila Sobat Gaming masuk ke dalam menu mode game, akan banyak pilihan mode yang bisa sobat gaming pilih. Di sini Sobat Gaming bisa memilih 3 mode yang tersedia yaitu classic, arcade, dan event mode.

Masing-masing mode memiliki 4 map yang berbeda, seperti Erangel, Miramar, Sanhok dan Vikend. Selain itu, Sobat Gaming juga bisa memilih mode TPP (Third Person) dan FPP (First Person). Jadi bila memilih mode TPP, karakter yang dimainkan akan terlihat seluruh badannya. Sedangkan bila memilih mode FPP, hanya akan ada tampilan senjatanya saja.

  • Free Fire

Pada Free Fire, pilihannya akan lebih sedikit. Sobat gaming bisa memilih beberapa mode yaitu ranked mode, classic, rush hour, zombie invasion, death uprising dan custom.

Untuk mode classic, Sobat Gaming hanya bisa memilih dua map berbeda yaitu bermuda dan purgatory. Lalu tidak ada pilihan untuk mode FPP pada Free Fire. Jadi saat memainkan, otomatis TPP (Third Person) menjadi pilihannya.

3. Gameplay

Secara umum, kedua game ini memiliki gameplay yang sama, yaitu harus bertahan menjadi orang terakhir yang hidup. Nah yang membedakannya yaitu :

Di PUBG Mobile total pemain yang terdapat di dalam permainan yaitu 100 pemain, dan itu ermasuk kita. Jadi Sobat Gaming harus bertahan hidup melawan 99 pemain. Sedangkan Free Fire, total player yang terdapat saat permainan yaitu 50 orang termasuk Sobat Gaming. Jadi kita hanya akan melawan 49 pemain saja untuk bisa bertahan menjadi orang terakhir yang hidup.

Jadi asumsinya seperti ini. Pemain yang sedikit ini karena pihak developer Free Fire ingin menyesuaikan dengan map yang ada. Karena map pada Free Fire lebih kecil dibandingkan PUBG.

Jadi kalo total pemain di dalam permainannya sebanyak 100 pemain, Sobat gaming akan sangat mudah bertemu lawan. Kalo Sobat Gaming tipikal pemain yang biasa main bar-bar, mungkin enak. Tapi kalo gak biasa main bar-bar, Sobat Gaming bisa cepat kalah.

==============================================================

Mungkin Itu saja perbedaan secara umum yang bisa dibahas. Karena kalo dibahas secara detail, mungkin akan jadi panjang banget artikelnya. Sobat Gaming juga bisa liat video mengenai 3 perbedaan game PUBG Mobile dan Free Fire pada video berikut.

Jadi menurut Sobat Gaming, game battle royale mana yang tebaik?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *