9 Genre Game yang Paling Diminati

9 Genre Game Paling Diminati Oleh Gamer Sepanjang Masa

Seperti halnya sebuah film, game juga memiliki beberapa klasifikasi untuk menentukan tema game. Kita sering menyebut hal tersebut dengan kata genre. Pihak developer setiap game tidak serta merta membuat sebuah game tanpa menentukan tema yang akan diambil. Salah satu tujuan dari penentuan tema, untuk memudahkan pemain mengetahui gambaran gameplay di dalam game. Setidaknya terdapat 9 genre game paling diminati.

Seiring perkembangan jaman, banyak genre game yang bermunculan. Hal ini sangat menguntungkan bagi pemain. Karena mereka bisa dengan leluasa memilih opsi game yang sesuai dengan karakter mereka bermain. Untuk mengetahui lebih detail mengenai genre game. Mari kita bahas mengenai 9 genre game paling diminati oleh gamer.

9 Genre Game Paling Diminati

1. Action

9 Genre Game yang Paling Diminati

Genre Action memang menjadi primadona dikalanga para gamer. Tidak hanya sekedar bermain saja, pemain harus memiliki keterampilan untuk bisa memainkan game dengan genre action. Respon yang cepat, dan pemahaman untuk bisa menyelesaikan setiap tugas, menjadi sesuatu yang sudah biasa di dalam genre action.

Biasanya di dalam game, pemain akan lebih sering menemukan sebuah adegan fisik baik itu pukulan, tembakan dan lain sebagainya. Semakin trampil seorang pemain, maka ia akan lebih mudah dan lebih cepat dalam menyelesaikan game tersebut. Untuk action game memiliki sub-genre yang sudah tidak asing lagi bagi kita seperti Platform Game, Shooter, Fighting, Stealth dan Survival.

2. RPG (Role Playing Game)

9 Genre Game yang Paling Diminati

Bisa dikatakan kalau genre RPG (Role Playing Game) merupakan genre game kedua setelah genre action. Kita mengenal game dengan genre RPGĀ memiliki alur cerita yang panjang. Banyak tugas yang haru diselesaikan. Baik tugas kecil hingga tugas utama dari game tersebut.

Kita akan disuguhkan dengan cerita-cerita fantasi yang menarik. Latar belakang tempat, beberapa NPC menjadi bumbu sedap di dalam game. Sama seperti action game, pada genre RPG kita benar-benar harus memiliki pemahaman yang tinggi untuk bisa menyelesaikan semua tugas.

Beberapa game yang sudah terkenal seperti Final Fantasy, Mass Effect dan Fallout merupakan game yang memiliki genre RPG. Untuk game RPG juga memiliki sub-genre yaitu Action RPG, MMORPG, Roguelikes, Tactical RPG, Sandbox RPG, Fantasy dan FPP RPG.

3. Adventure

9 Genre Game yang Paling Diminati

Tidak terlalu jauh berbeda dengan game RPG. Game Adventure biasanya melibatkan satu tokok utama yang memiliki jalan cerita tersendiri. Pemain diharuskan menyelesaikan jalan cerita yang sudah dirangkai oleh pihak developer. Dalam memainkan game ini memerlukan pemahaman yang baik agar menyelesaikan jalan cerita bisa lebih mudah.

Apalagi alur cerita bisa saja berubah ketika kita tidak memilih hal yang sesuai. Untuk sub-genre dari game Adventure tidak terlalu banyak. Kita bisa mengenal diantaranya yaitu Text Adventures, Graphic Adventures, Visual Novels, Interactive Movie, Real Time 3D Adventures.

4. Action Adventure

9 Genre Game yang Paling Diminati

Seperti namanya, bisa dibilang ini merupakan gabungan dari game genre action dan adventure. Game ini biasanya didukung dengan beberapa item yang fokusnya lebih ke arah eksplorasi di dalam game, memecahkan teka teki dan mengumpulkan jarahan (xp, gold dan item) dari lawan yang sudah dikalahkan. Mungkin Action Adventure menjadi genre yang memiliki sub-genre paling sedikit yaitu Survival Horror dan Metroidvania.

5. Simulation

Sim City

Game simulation memiliki konsep dimana pemain akan diberikan sebuah kejadian nyata di dalam game yang kemungkinan juga terjadi di dunia nyata. Semuanya dirancang agar terlihat sama dengan di dunia nyata. Sub-genre dari game simulation yaitu Contruction and Management Simulation, Life Simulation, Vehicle Simulation.

6. Strategy Games

Civilization

Sebagai pemain, Sobat Gaming harus memiliki kecepatan dalam berfikir. Karena memang pada game strategy ketangkasan dalam berpikir lebih diutamakan. Game ini sendiri memiliki konsep turn based (giliran) dan real time.

Sub-genre dari game strategy cukup banyak, atau bahkan bisa disebut yang paling banyak. Terdapat 4X, Artillery, Real Time Strategy, Real Time Tactics, Multiplayer Online Battle Arena, Tower Defense, Turn Based Strategy, Turn Based Tactics, Wargame, Grand Strategy Wargame.

7. Sports

Forza Horizon 4

Karena namanya genre sports, seharusnya Sobat Gaming juga sudah memiliki gambaran seperti apa gameplay dari game sports. Intinya game dengan genre sports mengambil konsep permainan yang sama seperti olahraga di kehidupan nyata. Terdapat game sepakbola, basket, voli, golf, tenis dan olahraga lainnya. Untuk sub-genre yaitu Racing, Team Sports, Competitive, Sports Based Fighting.

8. Puzzle Game

Tetris

Game genre puzzle lebih memberikan sebuah teka teki yang harus dipecahkan dengan logika agar bisa menyelesaikan setiap tugas yang diberikan. Sub genre yang terdapat pada genre puzzle yaitu Logic Game dan Trivia Game.

9. Idle Game

Deep Town

Idle game bisa dikatakan merupakan konsep baru dalam game. Tidak seperti genre game lainnya. Di game ini Sobat Gaming tidak memerlukan banyak usaha untuk menyelesaikannya. Karena Sobat Gaming hanya cukup klik beberapa ikon yang terdapat di dalam game berulang kali. Dengan begitu Sobat Gaming bisa menyelesaikan setiap tugasnya dan mendapatkan penghargaan bila berhasil menyelesaikannya.

Kesimpulan

Sebenarnya kalau kalian perhatikan pada beberapa game yang sudah rilis, terkadang terdapat game yang memiliki sub genre lebih dari satu. Sudah banyak developer yang menerapkan mekanisme pembuatan sebuah game dengan campuran dari beberapa sub genre.

Tapi setidaknya kita mengetahui dasar bahwa terdapat 9 genre game paling diminati. Semua game memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Semua kembali lagi kepada kalian sebagai pemain. Lebih suka memainkan genre game yang seperti apa.

Referensi : idtech

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *