apakah game ps4 bisa dimainkan di ps3

Apakah Game PS4 Bisa Dimainkan di PS3? Ini Penjelasannya

Dari rentetan game PS4 yang diluncurkan oleh pengembang, kerap memicu pertanyaan dari gamer lawas terkait kecocokannya dengan generasi console sebelumnya. Sebagian pemain pasti penasaran, apakah game PS4 bisa dimainkan di PS3? mari simak penjelasan lengkapnya.

Seperti yang diketahui, PlayStation sering melakukan inovasi. Terlihat dari versi awalnya, yakni PS1 dan kemudian dilanjut ke PS2 hingga akhirnya masuk generasi terbaru PS5.

Setiap peralihan yang terjadi, banyak sekali penggemar yang rela mengocek kantong, demi merasakan pengalaman bermain lebih memukau. Seperti contoh saat hadirnya PS2, secara perlahan PS1 pun mulai ditinggalkan.

Kemudian disusul PS3 yang menyambangi gamer, dan hal serupa terjadi. Mereka berlomba-lomba untuk bisa memilikinya, lalu menjajal beberapa permainan baru.

Nah pada pembahasan kali ini, Bahas Game ID akan menjelaskan terkait pertanyaan yang sering muncul, yaitu apakah game PS4 bisa dimainkan di PS3? Berikut pemaparannya, berdasarkan hasil penelusuran dari berbagai sumber.

Apakah Game PS4 Bisa Dimainkan di PS3?

Bila mengacu kepada pertaanyaan “Apakah game PS4 bisa dimainkan di PS3?“, sepertinya kita harus kembali ke masa lalu, di mana saat itu terselenggaranya Paris Games Week pada tahun 2015.

Di sana, Sony Interactive Entertainment (SIE) telah menjelaskan secara gamblang, terkait rasa penasaran gamer di seluruh dunia. Hal ini mengingat, penikmat game PS3 pun tidak sedikit.

Kemungkinan banyak dari mereka yang menyayangkan, bila harus melepas kepergian dari console PlayStation generasi ketiga itu. Pasalnya, PS3 telah memberikan banyak pengalaman bermain game yang cukup baik.

Kendati demikian, mengacu penyataan SIE di Paris Games Week melalui Ubergizmo, Sony menegaskan bahwa game PS4 tidak bisa dimainkan di PS3. Namun, untuk kompatibilitas sebaliknya masih bisa.

Baca Juga: 10 Game Android Setara PS4 Yang Bisa Kamu Mainkan

Makudnya di sini, Sony masih memberikan alternatif, di mana PS4 bisa memainkan game PS3. Hal ini terjadi, setelah Microsoft mengumumkan kecocokan antara Xbox 360 untuk Xbox One.

Sebenarnya, soal pertanyaan “Apakah Game PS4 Bisa Dimainkan di PS3?“, rumornya telah menyebar 12 tahun lalu. Bahkan rumor menyebutkan PS4 juga tidak bisa memainkan game PS3, hingga akhirnya Sony mengikuti jejak Microsoft.

Hanya saja perlu diingat, untuk bisa menikmati game lawas PS3 di PS4, tidak menggunakan kaset fisik. Melainkan, melalui layanan streaming game PlayStation Now.

Perbedaan PS3 dan PS4

Setelah rasa penasaran soal apakah game PS4 bisa dimainkan di PS3 telah terjawab. Mungkin bisa beralih kepada perbedaan keduanya.

Bagaimana pun, secara teknologi PS4 lebih unggul dibandingkan PS3. Namun dirinya tetap harus mengandalkan layanan streaming agar gamer bisa menikmati game PS3.

Ditanya alasannya, karena PS3 dibuat menggunakan arsitektur CPU Cell, di mana merupakan penggabungan dengan beragam komponen. Nah, ini berbeda dengan prosesor dan elemen lain yang disematkan di PS4.

Lantas emang apa saja sih perbedaan PS3 dan PS4? Jika disebutkan, sudah pasti sangat banyak perbedaannya. Setidaknya ada beberapa, dari informasi yang Bahas Game ID dapatkan.

Pertama sudah pasti dari segi desain, di mana keduanya sangat tidak mirip. Bila keduanya disejajarkan, PS4 lebih menawarkan tampilan futuristik dan elegan.

Lalu, perbedaan mendasar lainnya yang sangat terlihat, yakni performanya, di mana PS4 bisa menjalankan game dengan resolusi sekitar 900p – 1080p.

PS4 sendiri disokong prosesor berbasis x86, mirip dengan PC bersistem Xbox One dan Windows. Chipset tersebut sudah dilengkapi dengan GPU 800 MHz, AMD Jaguar 2,7 GHz, serta RAM 8GB GDDR5

Sedangkan PS3, hanya disisipkan CPU single-core 3,2 GHz, dilengkapi GPU 550 MHz, dan RAM 256 MB DDR3. Sangat jauh berbeda teknologi yang diusung keduanya.

Baca Juga: 10 Game Mirip Ninja Heroes, Gamer Wajib Coba

Harga PS3 dan PS4

Selanjutnya, kelar bahas apakah game PS4 bisa dimainkan di PS3 dan perbedaan keduanya. Mari kita selidiki, berapa sih harga console ini?

Sebenarnya agak sulit menemukan harga pasti PS3 dan PS4 di internet. Namun bila mengacu pada salah satu situs, yaitu iprice, PS4 Pro berkisar di harga Rp5.250.000, PS4 Rp7.097.740, dan PS4 Slim Rp7,1 juta.

Lalu, untuk PS3 Slim dibanderol Rp1,2 juta. Sedangkan PS3 500GB Rp2.250.000, PS3 320GB Rp2,3 juta, PS3 Slim White 160GB Rp1.650.000, dan PS3 Slim Black 120GB Rp1.650.000.

Nah itu dia penjelasan singkat mengenai apakah Game PS4 bisa dimainkan di PS3. Semoga pemaparan di atas memberikan pencerahan kepada Sobat Gaming. Jangan lupa, bila dirasa artikel ini bermanfaat, bagikan ke teman-teman kalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *