cara menjadi pemain esports

Cara Menjadi Pemain Esports Profesional Dengan 10 Langkah Praktis

Electronic Sports (esports), merupakan kompetisi olahraga yang dibawa dalam bentuk gaming, yang diikuti oleh para gamers profesional. Baik itu sebagai individu maupun tim.

Platform yang digunakan bisa berupa console, PC atau mobile. Di Indonesia, melalui Rakernas KONI pusat, pada 25 – 27 Agustus 2020, Kemenpora dan KONI sudah resmi mengakui esports sebagai cabang olahraga.

Keputusan ini, tentunya membuat para pemain esports di Tanah Air menjadi sangat antusias dan semakin bersungguh – sungguh, untuk meraih prestasi.

Begitu juga dengan kalian yang ingin menjadi pemain esports profesional. Sobat Gaming pasti akan lebih yakin untuk meniti karir di industri ini.

Sekedar informasi, pemain esports profesional menjadikan gaming sebagai suatu pekerjaan yang tentu saja dibayar. Bukan sekedar hobi dan having fun.

Jadi kalau memang serius ingin berkarir di sini, harus siap meluangkan waktu, tenaga, budget dan hal – hal terkait lainnya, untuk mencapai tujuan tersebut.

Nah, di artikel kali ini, Bahas Game ID, akan sharing tentang cara menjadi pemain esports profesional dengan 10 langkah praktis. Langsung saja simak langkah – langkahnya berikut ini.

Cara Menjadi Pemain Esports Profesional: 10 Langkah Praktis

Menentukan Platform

Langkah pertama dari cara menjadi pemain esports adalah menentukan platform yang disukai. Jadi dari console, PC atau mobile, Sobat Gaming harus memilih satu dan fokus menekuninya.

Mengapa harus fokus di satu platform?

Sederhananya karena turnamen esports pun, terbagi-bagi berdasarkan kategori platform, mulai dari mobile, PC dan console.

Penting untuk diperhatikan, bahwa setiap platform di atas memiliki kelebihan dan kekurangan masing–masing. Tugas kalian adalah menentukan mana yang paling kalian sukai.

Menentukan Genre Game

Langkah cara menjadi pemain esports berikutnya adalah menentukan genre game yang diminati.

Dari beberapa genre seperti action, adventure, role playing, simulation, strategy, sport, racing dan lain-lain, kalian harus memilih salah satunya. Dengan fokus di satu jenis, maka akan lebih fokus memilih game yang ingin dimainkan dan ditekuni.

Kalian bisa melihat berbagai genre di beberapa situs download game PC populer di dunia, seperti Steam, Origin, GOG.com, Battle.net, Epic Games dan lain-lain. Setelah itu tentukan tema apa yang paling kalian minati.

Menentukan Game

Di langkah ketiga ini, harus memilih satu game untuk dimainkan. Alasannya?

Mayoritas pemain esports profesional hanya fokus di satu game tertentu, sampai mereka benar-benar ahli. Itulah alasan mengapa di poin 1 dan 2 sebelumnya, kami menyarankan untuk fokus di satu platform dan genre game.

Karena hal tersebut bisa membantu kalian, untuk menentukan game yang ingin dikuasi. Sekarang kalian sudah berhasil menentukan platform dan genre tertentu.

Langkah berikutnya adalah memilih satu judul yang ingin kalian mainkan dan menjadi ahli tentunya. Ambil contoh:

  • Platform: PC
  • Genre: Sport – Sepakbola
  • Game: FIFA 22

Memiliki Perlengkapan Dan Peralatan Game Mumpuni

Selain skill, memiliki perlengkapan dan peralatan game mumpuni, merupakan faktor penting lainnya untuk menjadi pemain esports profesional. Karena dengan adanya perlengkapan dan peralatan tersebut, kalian akan lebih mudah dan nyaman untuk berlatih.

Pada tahap awal, paling tidak harus memiliki laptop atau komputer desktop gaming, dengan kombinasi sebagai berikut:

  • Laptop gaming + mouse + mouse pad
  • Komputer desktop + keyboard + monitor + mouse + mouse pad

Ketika nanti sudah memiliki budget atau bahkan menghasilkan uang dengan bermain game, bisa upgrade atau membeli perlengkapan dan peralatan lainnya.

Jadi Expert Di Game Kalian

Langkah berikutnya adalah berusaha untuk menjadi expert di game tersebut. Karena orang-orang hanya akan mengingat siapa yang terbaik.

Caranya?

Kalian harus rutin berlatih setiap hari. Misalnya dengan meluangkan waktu 5-6 jam per hari. Bisa kurang atau lebih. Tergantung kemampuan masing-masing.

Hal terpenting dilakukan secara rutin, hingga kalian mengenal seluk-beluk game tersebut. Tetapi perlu diingat, jangan sampai burn out (stres karena rutinitas pekerjaan).

Live Streaming

Setelah merasa cukup mengenal seluk-beluk game yang kalian pilih, langkah berikutnya adalah rutin melakukan live streaming. Tujuannya, agar orang-orang mengetahui bahwa kalian menguasai game tertentu dengan sangat baik.

Selain itu, juga akan mendapatkan banyak manfaat lainnya. Seperti, koneksi dan relasi dengan gamer lain, audiences dan subscribers loyal serta bisa sambil belajar dari pemain lain.

Kalian bisa menggunakan Twitch atau Youtube sebagai media live streaming. Silahkan pilih berdasarkan ketertarikan masing-masing. Berikut sedikit tips yang bisa dilakukan.

Ketika sedang live streaming, selipkan unsur entertainment di dalamnya.

Karena itu tidak hanya akan menjadi ciri khas. Tetapi bisa menjadi daya tarik tersendiri, bagi para sponsor yang ingin bekerja sama.

Berikutnya promosikan channel kalian melalui salah satu media sosial. Apakah itu Facebook, Instagram, atau Twitter. Akan lebih baik lagi jika memiliki website sendiri dan mempromosikannya di sana.

Mengikuti Akademi Esports

Tidak semua orang bisa belajar secara otodidak. Termasuk cara menjadi pemain esports, tidak serta merta hanya bakat saja.

Solusinya, yaitu bisa mengikuti akademi esports. Karena dengan mengikuti pelatihan, gamer akan dipandu step by step, oleh para instruktur yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Ringkasnya, akan dibantu untuk mengoptimalkan bakat dan potensi gaming pemain. Di Indonesia, salah satu akademi esports yang bisa kalian ikuti adalah Esports Academy ID. Akademi ini didirikan oleh Edho Zell (Youtuber).

Bergabung Dengan Komunitas Esports

Bergabung dengan komunitas esports, akan sangat membantu untuk menjadi pemain esports profesional. Karena di sini, kalian bisa berdiskusi dengan para gamers lainnya yang memiliki hobi, passion dan cita-cita yang sama.

Komunitas esports juga biasanya rutin menggelar kompetisi. Baik itu terbuka untuk umum maupun tertutup hanya untuk anggota.

Sobat Gaming bisa menggunakan kompetisi ini, sebagai ajang untuk meningkatkan dan mengukur skill yang dimiliki. Beberapa komunitas juga sering berpartisipasi mengikuti turnamen esports.

Hal tersebut akan melatih skill dan kerja sama dengan rekan satu tim. Kalau mampu memberikan penampilan terbaik atau bahkan berhasil menjadi juara di turnamen tersebut, ada kemungkinan kalian akan direkrut oleh tim esports profesional.

Latihan Mental

Di point kelima di atas, tentang menjadi expert di game yang kalian pilih, sudah dijelaskan bahwa penting untuk meluangkan waktu latihan berdasarkan kemampuan. Tujuannya agar tidak sampai burn out (stres karena rutinitas pekerjaan).

Nah, selain mengelola durasi jam berlatih dengan baik, cara menjadi pemain esports juga harus menjalani latihan mental. Karena banyak pemain esports profesional, yang mengalami stres akibat menanggung beban terlalu berat. Beberapa di antaranya, merasa tertekan karena harus menang, takut dibully karena performa buruk, takut dikeluarkan dari tim utama dan masih banyak lagi

Bagaimana cara menjalani latihan mental yang baik? Idealnya adalah dengan menggunakan jasa psikolog. Sedangkan alternatifnya, bisa melakukan beberapa hal positif yang membuat pikiran menjadi lebih rileks.

Latihan Fisik

Langkah terakhir dan juga sangat penting dari cara menjadi pemain esports adalah menjalani latihan fisik. Esports memang tidak seperti olahraga pada umumnya, di mana lebih banyak menguras fisik. Karena di sini para pemain lebih banyak duduk.

Tetapi justru karena hal tersebut, Sobat Gaming yang ingin menjadi pemain esports profesional, harus menjalani latihan fisik. Jika kalian lebih banyak duduk, namun jarang atau bahkan tidak pernah melakukan aktivitas fisik, akan rentan terkena penyakit.

Maka dari itu dibutuhkan latihan fisik. Selain menjauhkan diri dari berbagai penyakit, juga bisa membantu mengoptimalkan kecepatan refleks kalian ketika bermain game.

Sekedar informasi, beberapa tim esports profesional bahkan sampai mempekerjakan pelatih khusus, untuk menjaga fisik para pemainnya. Karena belum sampai ke level tersebut, kalian bisa menjalani latihan fisik dengan berolahraga rutin secara mandiri.

Kesimpulan

Jalan untuk menjadi pemain esports profesional, tidak jauh berbeda dengan profesi lainnya. Kalian harus memberikan 100% dedikasi untuk mencapai level tertinggi.

Dari langkah-langkah cara menjadi pemain esports di atas, Sobat Gaming juga bisa melihat bahwa untuk menjadi pemain esports profesional, tidak hanya sekedar memiliki skill gaming yang baik.

Tetapi harus memiliki aspek-aspek penting lainnya, seperti relasi dan koneksi, kerja sama tim, hingga mampu mengelola mental dan fisik dengan baik.

Jika kalian merasa mampu melakukan semuanya dengan konsisten, maka kalian berpotensi menjadi pemain esports profesional.

Are you ready?

(fs/bgi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *