Piala Presiden Esports 2020

Free Fire dan PES, Alasan Dipertandingkan di Piala Presiden Esports 2020

Setelah resmi Piala Presiden Esports akan dilaksanakan kembali pada tahun 2020, ada beberapa cabang games baru yang akan dipertandingkan. Cabang games tersebut yaitu Free Fire, Pro Evolution Soccer dan game lokal yang masih dalam tahap kurasi dan seleksi.

Cabang games baru tersebut menggantikan kehadiran Mobile Legends: Bang Bang yang sebelumnya pernah dipertandingkan pada Piala Presiden Esports 2019. Ada beberapa alasan mengapa Free Fire, Pro Evolution Soccer menjadi pengganti Mobile Legends: Bang Bang.

Free Fire dinilai sebagai game mobile online terlaris. Hal ini bisa dilihat dari peringkat dan banyaknya jumlah download game tersebut di Google Play Store. Game besutan Garena ini sudah di-download lebih dari 100 juta pengguna.

Angka tersebut merupakan jumlah yang sangat banyak, dan dapat menjadi momentum untuk mengangkat kehadiran esports di Indonesia. Selain game yang dapat dimainkan di smartphone spek rendah, alasan lainnya yaitu karena melalui Free Fire pemain dapat ikut berpartipasi mengharumkan nama bangsa.

Tercatat pada pertandingan Free Fire Invitational 2019, Island of Gods sebagai perwakilan tim esports yang berasal dari Indonesia berhasil menjadi juara dan membawa pulang hadiah sebesar US$ 15.000. Tim asal Indonesia EVOS Roar juga telah tercatat menjadi yang terbaik di ajang Free Fire World Cup 2019.

Sedangkan di pilihnya Pro Evolution Soccer atau sekarang sudah berganti nama menjadi eFootball PES di Piala Presiden Esports 2020, yaitu karena KONAMI memiliki andil besar dalam menghidupi skena esports di Indonesia. Bisa dilihat sejak tahun 2010, KONAMI bersama komunitas PES secara rutin mengadakan turnamen Liga 1 PES esports nasional.

eFootball PES juga sempat menjadi cabang game yang dipertandingkan di Asian Games 2018 lalu. Sehingga kehadiran eFootball PES, sebagai cabang game yang dipertandingkan di Piala Presiden Esports 2020 merupakan pilihan yang tepat. Karena dapat menjadi persiapan yang matang untuk Indonesia, memilih talenta berbakat yang nantinya dipertandingkan di eFootball PES Asian Games 2022.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *