Mixer Tutup

Microsoft Tutup Mixer, Apakah Ninja Kembali ke Twitch?

Memang tidak mudah rasanya berkompetisi dengan nama-nama besar di era digital saat ini. Segala strategi kerap sudah dilakukan namun apa daya, keadaan dan loyalitas konsumen sulit untuk diubah. Pada akhirnya, mereka berhenti dan tidak ikut berkompetisi lagi. Hal ini yang sedang dirasakan oleh platform yang cukup besar di dunia streaming yaitu Mixer.

Berita besar baru saja disampaikan oleh mereka terkait dihentikannya layanan streaming Mixer. Microsoft menyatakan menutup layanan tersebut dan akan bekerjasama dengan Facebook gaming. Padahal kita pun tau, belum lama ini Mixer telah melakukan langkah yang cukup besar dengan menggaet streamer yang sudah menjadi ikonik di Twitch yaitu Ninja dan Shroud.

Belum diketahui alasan pasti mengapa Microsoft menghentikan layanan streaming mereka. Berita besar ini telah dikonfirmasi di situs Mixer. Mereka juga mengajak kepada komunitas game Mixer untuk beralih ke Facebook Gaming.

Sebagai streamer ekslusif di Mixer, Ninja dan Shroud belum memberikan penjelasan terkait kabar buruk yang menimpa platform streaming mereka. Kabar tutupnya Mixer pun telah mendapatkan respon  di twitter dari pesaing mereka yaitu Twitch.

Memang sulit bila harus bersaing dengan Twitch yang memang sudah memiliki komunitas dan konsumen dengan loyalitas yang tinggi. Belum lagi youtube yang bisa dikatakan menguasai ekosistem dunia video dan audio saat ini dan juga memiliki layanan streaming. Ditambah kehadirah Facebook Gaming yang baru-baru ini telah hadir dan menarik minat para gamer.

Sebelum mencapai hari yang ditentukan, Mixer akan tetap beroperasi hingga tanggal 22 Juli 2020 sebelum akhirnya nanti tutup dan beralih ke fb.gg. Siaran Mixer di Xbox One akan dinonaktifkan dan aplikasi ini akan memberitahu atau mengarahkan pemirsa untuk menonton streamer favorit mereka di Facebook Gaming.

Bagi mereka yang sudah berlangganan Mixer Pro akan menerima kredit kartu hadiah Xbox sebagai ucapan terima kasih atas keterlibatannya di Mixer.

Usia yang dimiliki Mixer memang tidak lah sebentar. Karena sebelum nama Mixer muncul, platform streaming ini bernama Beam. Kemudian pada tahun 2016, Microsoft membeli Beam untuk bersaing dengan Twitch dan Youtube. Namun siapa sangka eksistensi dari kompetitor sungguh berat dan membuat Mixer tutup. Mari kita tunggu kelanjutan antara Microsoft dengan Facebook Gaming kedepannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *