amd tumbangkan intel

AMD Tumbangkan Intel Untuk Pertama Kalinya Dalam Sejarah

Untuk pertama kalinya, AMD tumbangkan Intel, rival abadi mereka. Hal ini terkonfirmasi, setelah muncul informasi terkait akuisisi mereka terhadap Xilinx, senilai 49 miliar USD atau Rp706 triliun.

Langkah ciamik tersebut, memungkinkan mereka, melebarkan sayapnya untuk mengembangkan bisnis baru. Mulai dari Solid State Drive (SSD), accelerator cards untuk pusat data dan peralatan Artificial Intelligence (AI).

Hal itu semakin mengukuhkan posisinya, untuk AMD tumbangkan Intel, dengan membawa arsitektur Zen pertama kalinya pada tahun 2017. Akuisisi ini, menjadi salah satu pembelian terbesar dalam sejara teknologi, dikutip Bahas Game ID dari Techspot, Sabtu (26/2/2022).

Di mana posisinya berada di belakang Dell, yang membayar 67 miliar USD atau sekitar Rp966 miliar untuk EMC pada tahun 2015. Juga termasuk pembelian terhadap Activision Blizzard oleh Microsoft, mencapai 68,7 miliar USD atau sekitar Rp990 triliun.

Diketahui, untuk setiap pemegang saham Xilinx, mereka menerima 1,7234 saham baru AMD. Ini mengubah 248,38 juta saham di awal, menjadi 428 juta saham. Sehingga secara keseluruhan, jumlah saham yang dimiliki AMD meningkat hingga 1,628 juta.

Kabar gembiranya, membuat nilai valuasi AMD melonjak mencapai 197,75 miliar USD, lebih banyak 51 juta USD. Mendorong kedigdayaan Intel yang saat ini menyentuh angka 197,24 miliar USD.

Ini memang menjadi bulan yang baik bagi mereka. Selain AMD tumbangkan Intel, secara keseluruhan mereka mencapai rekor baru 25,6%, untuk pangsa pasar x86. Angkanya pun kembali bangkit, setelah jumlah pengguna terhadap CPU garapannya, sempat turun pada bulan Desember.

Kendati begitu, Intel masih sesumbar karena merasa bisa menguasai tiga perempat dari pangsa pasar x86. Termasuk para pengguna setianya, yang berkontribusi besar menggunakan CPU mereka hingga 70%. Hasilnya pun terungkap, bahwa raksasa teknologi ini, mampu menghasilkan pendapatan dan keuntungan yang lebih banyak dari AMD.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *