lead by indihome

Dari Hobi Jadi Prestasi, IndiHome Dukung Esports Tanah Air

LEAD by IndiHome, program pelatihan atlet eSport, besutan layanan fixed broadbrand milik PT Telkom Indonesia, telah menyambangi masyarakat secara luas. Ini menjadi bentuk nyata mereka, dalam mengubah hobi menjadi prestasi.

Karena bermain game tidak selalu menggambarkan stigma negatif. Akan tetapi, ada beragam hal positif yang nilai kehidupannya, dapat diambil oleh para pemain.

Seperti yang disampaikan oleh Dyah Rasyida, Srikandi Gamer sekaligus Manager Digital Marketing IndiHome, bahwa program ini hadir, tidak hanya memberikan pelatihan terkait strategi atau mekanik permainan setiap pemain. LEAD by IndiHome juga mengajari pola hidup sehat, tim menamagement dan aspek-aspek mentalistas.

“Jadi jika anak hobinya memang di game, orang tua harus benar-benar ikutan support. Oleh karena itu, IndhiHome hadir untuk membawa fasilitas, di mana seperti boarding shcool yang sebelumnya belum ada,” tutur Dyah.

Mengenal LEAD by IndHome

Apa itu LEAD by IndiHome?

Limitless Esports Academy (LEAD) by IndoHome, merupakan akademi eSports dengan konsep athlete enablement. Di mana praktiknya, memberdayakan seorang gamer, yang semula bermain game sebatas hobi, menjadi pro player bemental atlet, di mana kalian bisa wujudkan dari rumah.

“Dengan mengusung semangat #BerlatihTanpaBatas, LEAD by IndiHome diharapkan, dapat melahirkan the next eSports athlete Indonesia, yang mampu berkiprah di kancah Internasional,” kata Dyah.

Ia menambahkan, bahwa sebagai #InternetnyaIndonesia, IndiHome ingin memberikan wadah bagi generasi muda di manapun. Agar mereka dapat menyalurkan hobi bermain game, menjadi sebuah profesi, yang dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah global.

“LEAD by IndiHome, sejalan dengan visi BUMN, yang berperan sebagai agen pemerataan pembangunan nasional. Sehingga terjadi peningkatan kesejahtaeraan masyarakat, dimana dalam hal ini ialah mendukung perkembangan eSports melalui kaderisasi secara daring,” tambahnya.

Henov, Head Coach LEAD by IndiHome, pun ikut menjelaskan program ini dan mengapa lebih memilih League of Legends: Wild Rift sebagai permainan yang disertakan.

“Menurut pertimbangan kami, Wild Rift yang masih baru di Indonesia, akan tetapi, sudah lama memiliki ekosistem kompetitif yang matang secara internasional. Sehingga game ini dirasa cocok untuk dijadikan lahan bereksperimen,” kata Henov.

Kendati begitu, program ini hadir bukan sebagai pelatihan khusus game besutan Riot Games. Namun, tetap pada tujuan awalnya, yaitu berkomitmen mengembangkan skena kompetitif game lainnya di masa depan.

“Kami tetap berkoordinasi dan bekerja sama dengan pihak strategis seperti PBESI dan KONI tentunya,” tutupnya.

Bagaimana Cara Mendaftar?

Periode pendaftaran sendiri, telah dibuka sejak 10 September – 22 Oktober 2021. Ini berlaku bagi seluruh masyarakat Indonesia, untuk menjadi atlet eSport profesional.

Nantinya, mereka akan dibina langsung oleh para coach handal dari LEAD by IndiHome. Proses pendaftarannya, bisa kalian lakukan melalui tautan berikut: Lead Academy.

Lalu setelah mendaftar, peserta akan mengikuti rangkaian kegiatan, mulai dari kualifikasi, mengikuti turnamen, hingga perayaan kelulusan sebagai atlet eSports. Hanya saja, tidak semudah yang akan kalian bayangkan, karena harus berkompetisi dengan pendaftar lainnya.

Mekanisme Pemilihan Atlet eSport LEAD by IndiHome

Proses pemilihan sendiri, akan dilaksanakan dalam tiga fase, di antaranya Fase Kualifikasi (Qualification), Fase Pengembangan (Development) dan Fase Kelulusan (Graduation). Sebagai gambaran, kalian bisa menyimak penjelasan singkatnya berikut.

Fase Kualifikasi (Qualification)

Pendaftaran dibuka untuk dua regional, yaitu barat dan timur, di mana target peserta minimal mencapai 284 tim. Setelah mendaftar melalui situs LEAD Academy, kemudian diseleksi dalam turnamen, hingga terpilih delapan tim terbaik atau sebanyak 40 orang calon atlet eSports.

Fase Pengembangan (Development)

Dalam tahapan ini, dibagi menjadi Fase Pengembangan 1 dan 2. Pada Fase Pengembangan 1, peserta mendapatkan training basic.

Lalu pada akhir, akan diadakan ujian, yang membuat 14 orang terpilih melaju ke Fase Pengembangan 2. Nantinya mereka yang tersisa, mendapat training advance dan dilatih sampai Fase Kelulusan.

Fase Kelulusan (Graduation)

Langkah akhirnya, 14 pemain terbaik yang resmi lulus, dibagi ke dalam dua tim. Mereka berpartisipasi dalam showcase performa, di turnamen invitational pada tanggal 16 Januari 2022, di mana berisi empat tim undangan dan dua tim akademi.

Benefit Pemain yang Ikut LEAD by IndiHome

Selain benefit utama, yakni program pelatihan menjadi pemain eSport bermental atlet, ada keuntungan lainnya. Karena menurut Dyah, tidak semua pro player adalah atlet eSports, akan tetapi, atlet eSport pasti seorang pro player.

“Perbedaan mendasarnya adalah pada aspek mentalitas. Mereka pada atlet eSport adalah orang-orang pilihan yang siap ditempa sportsmanship-nya,” ungkap Dyah.

Dyah juga menegaskan, LEAD by IndiHome, membuka peluang bagi atlet binaannya, menjadi bagian tim dari tim/club eSport lintas negara. Dengan mengirim profil kelulusan ke tim-tim dalam dan luar negeri.

Sebagai aksi nyata IndiHome, mendukung perkembangan eSport tanah air. Mereka tidak hanya menciptakan pelatihan berkualitas melalui LEAD by IndiHome.

Akan tetapi, juga menyuguhkan layanan lainnya, seperti ‘Paket Gamer’ yang sudah mereka canangkan. Kelebihannya, dapat membuat aktivitas tanpa batas, bermain game kalian bersama teman lebih seru, di mana mengusung tagline ‘Koneksi Anti Ambyar, Bikin Mabar Gak Buyar’.

Pilihan paket games sendiri bervariasi, agar kalian dapat memiliki alternatif sesuai kebutuhan. Pemain dapat berlangganan dengan kecepatan up to 20Mbps, up to 50Mbps dan up to 100Mbps.

Bila penasaran, gamer bisa langsung mengunjungi situs resminya. Kalian juga dapat lihat melalui tautan berikut: Paket Gamer IndoHome.

Kesimpulan

Seiring berkembangnya industri ini, game hadir tidak hanya sebagai pelepas penat atau menjadi hiburan saja. Akan tetapi, ada nilai penting lainnya, di mana stigma negatif di kalangan masyarakat, bisa dipatahkan dengan beragam hal positif yang tersirat di dalamnya.

Bentuknya nyata ialah hadirnya LEAD by IndiHome, yang akan menwujudkan itu semua. Mulai dari sekedar hobi, hingga akhirnya memiliki prestasi.

Bagaimana pun, hal itu tidak lepas dari dukungan orang tua. Bila memang kegemaran anaknya sudah mengarah ke game, ada langkah lain untuk mengubahnya menjadi sesuatu yang positif, salah satunya melalui LEAD by IndiHome.

Jadi jangan selalu pandang, bermain game adalah sesuatu yang buruk. Ada cara lain, di mana dapat merubah arahnya ke hal lebih positif dan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *