Pengertian Game Engine dan Fungsinya

Pengertian Game Engine dan Fungsinya pada Pembuatan Game

Apakah kalian mengetahui pengertian dari Game Engine?

Setiap tahunnya, selalu muncul game-game terbaru yang bisa kalian mainkan. Mulai dari game konsol, PC, maupun game mobile yang saat ini sedang mengalami peningkatan. Tidak bisa dipungkiri, industri ini semakin banyak peminat baik dari developer ataupun pemainnya.

Terlepas dari game tersebut bagus atau tidak, terdapat sebuah proses yang yang cukup berat dalam menghadirkan game yang kalian mainkan. Karena mungkin kalian taunya game-nya bagus, grafiknya oke banget, dan jalan ceitanya juga menarik.

Dibalik bagusnya sebuah game, terdapat developer yang berjuang keras dan menghabiskan waktu serta rela begadang untuk membuat game tersebut.

Mulai dari game 2D atau 3D, mulai dari game yang biasa aja, sampai yang luar biasa, peran developer sangat besar di sini. Ya kasarnya kalau tidak ada mereka, ya tidak ada game yang kalian mainkan sekarang.

Nah untuk sedikit memudahkan pekerjaan para developer, mereka membutuhkan sebuah alat atau mesin yang bisa diandalkan untuk proses pembuatan game tersebut.

Kita bisa sebut dengan game engine. Supaya tidak terlalu lama Intermezonya, mari kita bahas.

Pengertian Game Engine dan Fungsinya pada Pembuatan Game

Sebenarnya lebih asik kalau kita bahas mengenai sejarah dari tercipta game engine itu sendiri. Namun setelah ditelusuri di Internet, tidak ada informasi yang detail atau situs yang terpercaya bahas mengenai sejarahnya.

Jadi kita langsung saja masuk ke Pengertian game engine. Game engine yaitu sistem perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengembangkan dan menciptakan sebuah game.

Namun pembuatan game di sini tidak sepenuhnya dikerjakan oleh game engine ya. karena Kembali lagi, semua punya perannya masing-masing.

Oke kita ambil contoh dalam pembuatan sebuah film, tidak hanya satu individu saja yang membuatnya kan. Terdapat sutradara yang mengarahkan dan mengelola shooting agar film tetap sesuai story line dan story bard. Terdapat kameramen yang bertugas untuk pengambilan gambarnya, make up artist yang bertugas membuat artisnya tampil oke di depan kamera.

Ada juga orang sound, orang lightingnya, dan ada editor yang bertugas untuk mengeksekusi hasil gambar yang diambil cameramen dan masih banyak lagi.

Jadi ketika kita berbicara mengenai game engine, tidak semua dikerjakan oleh mesin tersebut sampai sebuah game tercipta. Analogi simpel dari game engine misalkan kalau dalam pembuatan mainan anak seperti mobil-mobilan,  produsen tidak perlu pusing memikirkan bagaimana menyatukan komponen-komponen mainan tersebut.

Mereka hanya perlu fokus membuat bagaimana design mainan itu nantinya, dan kemudian interior apa yang ingin ditaruh di mainan. Setelah itu disempurnakan oleh mesin pembuat mainan tersebut.

Untuk fungsi game engine sendiri yaitu rendering game ke 2 dimensi atau 3 dimensi, physics engine, pengaturan audio, scripting, pengatur penampilan animasi, pengaturan memori, pengaturan grafis, networking dan streaming data dan masih banya lagi.

Fungsi tersebut yang memudahkan developer dalam menciptakan game. Jadi mereka tidak perlu khawatir membuat game dari 0, yang mana harus memikirkan algoritma yang cukup rumit. Karena semua itu telah disediakan oleh game engine. Kemudian elemen-elemen yang telah dibuat oleh developer pun bisa digabungkan di dalam game engine tersebut.

Jadi developer bisa fokus dalam mengembangkan game mereka dari aspek lain seperti jalan cerita gamenya mau bagaimana, mekanik permainannya, art design yang mencakup latar tempat dan karakter di dalam game.

Dari awal kemunculan game engine hingga saat ini, sudah banyak sebetulnya jenis perangkat lunak ini yang digunakan oleh developer. Beberapa diantaranya mungkin kalian juga sudah tahu yaitu Unity, Construct 2, Unreal Ungine dan masih banyak lagi.

3 game engine yang telah disebutkan di atas bisa kalian coba gratis di situs resmi mereka. Jadi kalian bisa langsung download dan kalian pelajari kalau kalian berminat untuk menjadi pembuat game.

Mungkin di artikel selanjutnya kami akan coba bahas game engine lainnya yang mungkin kalian belum ketahui, dan bisa jadi referensi buat kalian coba.

Berdasarkan pengertian game engine yang sudah dijelaskan, kesimpulannya  yaitu jangan menganggap bahwa game engine yang membuat keseluruhan suatu game ya. Karena elemen-elemen game tidak ada di dalam game engine. Jadi software ini bertugas memproses elemen game yang telah dibuat oleh developer.

Sobat Gaming juga bisa simak penjelasan pengertian game engine dan fungsinya pada pembuatan game pada video berikut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *