game free to play

Perbedaan Game Free to Play dan Game Premium

Bermain game merupakan salah satu cara kita untuk menghibur diri sendiri, dan kalian pasti setuju kan?

Tapi ada beberapa orang yang menjadikan game tidak hanya sebagai hiburan semata. Ada yang menjadikan kegiatan bermain game sebagai hobi, dan bahkan sebagai mata pencarian. Apalagi di era digital saat ini, dimana perkembangan game sudah sangat maju.

Namun ketika kalian akan memainkan sebuah game, baik itu di handphone, PC maupun konsol, pasti dihadapkan oleh dua pilihan. Apakah kalian akan memilih untuk memainkan game free to play atau kalian akan memainkan game premium.

Fokus kita yaitu game handphone. Pasti buat kalian yang menganggap bermain game hanya sebagai hiburan saja, akan lebih memilih game free to play (gratisan). Hal ini memang wajar, dan itu merupakan hak Sobat Gaming sebagai player.

Karena selagi masih ada pilihan yang gratis, kenapa harus mengeluarkan uang untuk membeli sebuah game ya kan? Gitu kan maksudnya? Pasti itu salah satu jawaban Sobat Gaming. Tapi beda jadinya bila kita melihat mereka yang menjadikan game sebagai hobi. Uang tidak akan menjadi masalah.

Pertanyaan selanjutnya,”Memang apa sih bedanya antara game berbayar dan gratisan?”

Langsung kita bahas ya.

Perbedaan Game Free to Play dan Game Premium

1. Game Free To Play

Mungkin agar penyebutannya lebih gampang, sebut saja game gratisan. Sebenarnya pengertian free to play ini tidak sepenuhnya gratis. Karena kalian membutuhkan kuota untuk men-downloadnya. Dimana kuota yang kalian gunakan untuk men-download, belinya pake uang. Kecuali kalian nyolong wifi orang.

Jadi free to play yaitu ketika kalian mendownload sebuah game, tidak harus mengeluarkan uang terlebih dahulu. Jadi gamenya bisa langsung didownload dan dimainkan. Semoga sampe sini Sobat Gaming paham.

Selanjutnya kita bahas game free to play dari sudut pandang game online dan game offline.

Free to play pada game offline bisa dibilang tidak akan asik sama sekali. Kenapa begitu? Karena ada keterbatasan saat kalian memainkan gamenya. Dimana Sobat Gaming tidak bisa memainkan seluruh stage atau jalan cerita yang ada di game offline. Karena akses pada game ini sangat dibatasi.

Jadi ketika kalian ingin meneruskannya, kalian diharuskan untuk membayar agar bisa menikmati game tersebut sepenuhnya.

Selain itu akan ada banyak iklan bermunculan disaat kalian bemain game. iklan-iklan ini bisa mucul di sekitar frame game. Entah itu di kanan, kiri, atas atau bawah. Bahkan yang paling parah akan muncul iklan pop up berupa gambar atau video dengan durasi 15 hingga 30 detik.

Dan sekali lagi, untuk bisa menghilangkan iklan pada game, Sobat Gaming harus membayarkan sejumlah harga yang ditentukan.

Selanjutnya…

Sedangkan pada game online sedikit berbeda dengan game offline. Karena di sini Sobat Gaming tidak perlu mengeluarkan uang untuk menghilangkan iklan, maupun untuk menjalankan semua stage.

Karena kebanyakan game free to play pada game online memiliki konsep yaitu “Free To Play, Pay To Win”.
Jadi karena modenya online, maka Sobat Gaming akan bertemu dengan player lain dari berbagai pejuru di dunia.

Untuk bisa menang melawan player lain, ada beberapa game online yang secara tidak langsung memiliki konsep “pay to win”. Jadi Sobat Gaming harus membeli beberapa item untuk menaikan status level hero dan membeli hero baru untuk bisa mengalahkan player lain dengan mudah dan cepat.

Sebetulnya gak mesti gitu juga sih. Sobat Gaming juga bisa bersabar dalam menaikan level hero. Tapi konsekuensinya akan tertinggal dengan player lain yang menggunakan uang untuk proses menaikan level hero yang cepat. Mungkin kita bisa ambil contoh dari game Ragnarok M: Eternal Love dan Clash of Clans.

2. Game Premium

Sebelum bisa memainkan game premium, kita harus membayar dengan harga yang ditentukan. Jadi sebelum kita bisa mendownload game tersebut, biasanya kita diharuskan membayarkan menggunakan kartu kredit, debit atau biasa menggunakan pulsa untuk game premium di handphone.

Setelah Sobat Gaming menyelesaikan pembayaran, maka game tersebut bisa di download dan kemudian bisa dimainkan. Keuntungannya yaitu tidak adanya iklan dadakan saat kita asik memainkan game.

Setau gua, kebanyakan game premium itu lebih banyak yang masuk dalam kategori offline. Tapi ada juga beberapa yang masuk mode online. Bisa dibilang kalau game premium lebih seru. Karena kita bisa memainkan semua stage yang disediakan. Terlebih lagi, biasanya game premium pasti memiliki jalan cerita yang bagus, sehingga memberikan kesa bermakna saat kalian bisa menyelesaikan seluruh jalan cerita di dalam game.

Kesimpulannya

Intinya sih gini, game free to play bisa langsung kalian download dan mainkan di awal. Namun kemudian ditengah-tengah permainan kalian akan diminta untuk membayar dengan harga yang ditawarkan agar bisa mengakses keseluruhan cerita di dalam game.

Kalau game premium, Sobat Gaming hanya perlu membayar di awal. Kemudian bisa mengakses keseluruhan jalan cerita atau misi yang terdapat di game.

Sekarang kembali lagi ke kalian, apakah Sobat Gaming termasuk orang yang rela mengeluarkan uang untuk mendapatkan pengalaman bermain game yang lebih seru.

Atau Sobat Gaming memainkan game hanya untuk hiburan saja. Dimana kegiatan bermain game hanya untuk mengisi waktu luang yang sedang kosong.

Mungkin itu saja penjelasan singkat mengenai game free to play dan game premium. Kalau penjelasan di atas kurang sesuai, Sobat Gaming bisa tambahkan di kolom komentar. Mari kita berdiskusi secara bijak dan objektif tentunya.

Sobat Gaming juga bisa simak penjelasan mengenai perbedaan game free to play dan game premium pada video berikut.

#LetsPlayTheGame

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *