review citampi stories

Review Citampi Stories : Game Offline Cinta dan Kehidupan

Harus diakui, bosan rasanya bila memainkan beberapa game dengan genre yang populer saat ini. Kita bisa sebut saja seperti multiplayer online battle arena dan first person shooter yang menggunakan konsep battle royale. Rasa candu akan pertemuan player satu sama lain di dunia maya membuat rasa rindu dengan game offline cukup dalam.

Mungkin hal ini menjadi salah satu alasan mengapa developer lokal yaitu Ikan Asin Production mengembangkan game dengan genre RPG di perangkat seluler. Rilis di bulan Mei 2019, mereka menghadirkan game simulasi kehidupan dan penuh cinta layaknya game legenda di Playstation 1 dengan judul Citampi Stories. Para gamer yang sudah biasa memainkan game simulasi bertani seperti Harvest Moon, mungkin sudah tidak asing lagi dengan gameplay yang diberikan Citampi Stories.

Dibekali dengan alur cerita yang mudah dipahami, apalagi bisa dibilang berkaitan dengan kehidupan di dunia nyata. Citampi Stories akan menjadi game rpg yang cukup simpel dengan ciri khas sendiri yang diberikan pihak developer. Memang sekilas serupa dengan Harvest Moon, tapi tujuan utama di game ini memiliki perbedaan dengan tidak menjadi karakter sebagai seorang petani. Walaupun player tetap harus mecari uang, mengumpulkan barang, berkomunikasi dengan warga, ataupun memberikan peningkatan pada karakter utama.

Lalu apa yang ditawarkan Ikan Production pada game Citampi Stories? Kemudian apa yang membedakan Citampi Stories dengan game simulasi kehidupan lainnya? Mari kita masuk ke pembahasan utamanya. Bila kalian sudah membaca preview Citampi Stories, kemungkinan besar sudah tau mengenai apa yang ditawarkan oleh game dari Ikan Asin Production. Pada review ini kami akan mencoba untuk mengulas lebih dalam mengenai makna kehidupan dari game Citampi Stories.

Review Citampi Stories

Cerita

review citampi stories

Seperti game nenek moyangnya yang sudah melegenda (Harvest Moon), Citampi Stories memiliki satu karakter dari kaum adam untuk menjadi tokoh utama di dalam game. Diawali dengan cerita orang tua terlilit hutang oleh juragan kampung.

Tokoh utama yang berperan sebagai seorang anak, harus menjadi korban dengan menjadi suami dari anak perempuan juragan kampung tersebut. Karena dilakukan bukan karena cinta yang semestinya, sang anak yang tidak suka menolak dengan tegas untuk melakukan pernikahan. Sebagai gantinya, ia akan merantau dan mencari uang untuk melunasi hutang orang tuanya. Penghasilan orang tuanya yang tidak terlalu banyak sebagai seorang petani, mereka dengan berat hati harus menyetujui keputusan anak untuk merantau.

Berbekal dengan uang seadanya, sebagai player kalian akan diminta untuk bertahan hidup di kampung Citampi sekaligus mencari uang untuk melunasi hutang orang tua. Perjalanan kalian akan dimulai di kampung Citampi yang penuh dengan makna nantinya. Lalu apakah tokoh utama dapat melunasi hutang orang tuanya? Apakah ia akan menjalani kisah asmara yang didasari dengan cinta semestinya? Jawabannya bisa kalian temukan dengan memainkan Citampi Stories.

Tidak Ada Karakter Lucu

karakter game

Memang bukan hal yang tabu bila memainkan game genre role playing game tanpa karakter unik atau lucu. Desain tokoh utama merupakan objek yang sudah disiapkan oleh pihak developer dari awal game akan dimulai. Bila developer menyiapkan tokoh utama sebagai perempuan, kalian mau harus mau menggunakan karakter tersebut. Di dalam game hanya bisa mengatur nama karakter sesuai dengan keinginan. Monoton memang rasanya menemukan sebuah sistem yang itu-itu saja ketika pemilihan karakter di awal game.

Begitu pun di Citampi Stories, karena karakter yang disiapkan adalah laki-laki. Maka kalian harus memainkan karakter sebagai laki-laki dan hanya bisa menggunakan fasilitas custom saat pemberian nama. Walaupun tampilan karakter belum mendekati kata sempurna, tapi cukup untuk memberikan pengalaman bermain kalian di game 8 bit ini.

Pengangguran Bukan Solusi

review citampi stories

Setelah beberapa jam melakukan perjalanan dari Bojong Lima, akhirnya kalian sebagai tokoh utama akan sampai di satu kampung bernama Citampi. Tugas utama yang harus diselaikan yaitu melunasi hutang orang tua dengan tenggang waktu 10 minggu. Jadi menganggur bukan solusi dari game ini. Selain mendapatkan tempat tinggal di Citampi, uang juga menjadi prioritas.

Sebagai orang asing, awal kedatangan di kampung Citampi akan mempertemukan kalian dengan satpam kampung tersebut bernama Tio Nurcahyo. Kumisnya memang tebal, tapi satpam ini memiliki hati yang baik karena akan membantu kalian mendapatkan tempat tinggal. Meskipun hanya sebuah gudang yang lama tidak terpakai. Tapi sebagai pendatang, itu sudah lebih dari sekedar cukup. Tempat tinggal sudah dapat, selanjutnya mencari pekerjaan. Tujuannya sudah jelas, yaitu mendapatkan uang.

Di Citampi ada beberapa pekerjaan yang bisa kalian ambil. Kurang lebih ada 13 pekerjaan yang tersedia seperti tukang sapu, ojek payung, office boy, ojek pangkalan, pramusaji, sekretaris desa dan lainnya. Tapi jangan harap sebagai pendatang kalian bisa memilih pekerjaan sesuka hati. Untuk sementara kalian hanya bisa memilih dua dari total 13 pekerjaan yang tersedia.

Kenapa? Karena terdapat kriteria khusus yang harus dipenuhi untuk bisa mengambil semuanya. Uniknya, kriteria yang diberikan seperti harus memiliki komunikasi yang baik, fisik yang kuat, kecerdasan yang tinggi dan memiliki seragam yang dibutuhkan. Jadi kalian tidak perlu sekolah dan gelar yang tinggi. Cukup 4 kriteria tersebut yang harus dipenuhi.

Untuk memberikan kesan nyata, setiap pekerjaan memiliki jadwal buka dan tutup, dan membutuhkan stamina dari karakter utama. Itulah sebabnya dibutuhkan fisik yang kuat. Setiap pekerjaan memiliki kriteria fisik yang berbeda-beda. Pembayaran gaji yang berbeda pula. Ambil contoh sebagai tukang sapu, kalian hanya bisa menghasilkan Rp 10/jam dengan menghabiskan stamina 10% dari 100% stamina yang kalian miliki. Bila stamina habis kalian bisa mengembalikannya dengan minum minuman energi, makan dan yang paling efektif yaitu tidur.

Konsisten Sangat Dibutuhkan

review citampi stories

Layaknya pekerja di dunia nyata, ingin banyak uang maka harus konsisten dan mau bekerja keras. Hal ini juga berlaku di dunia Citampi. Rumus pasti ini harus diterapkan walaupun kalian harus melakukan hal yang sama setiap harinya. Ketika pagi datang, kalian harus bersiap untuk bekerja sesuai jadwal. Setelah stamina habis untuk bekerja, kalian dianjurkan untuk tidur agar stamina kembali penuh dan dapat kembali bekerja.

Permasalahannya, setiap kali tidur. Maka secara otomatis akan berganti ke esokan harinya. Kemudian melakukan yang sama berulang kali hingga tenggang waktu pembayaran hutang. Waktu yang diberikan yaitu 10 minggu, yang mana setiap minggunya harus mencicil hutang. Jadi setiap hari selama seminggu hingga hutang lunas, kalian harus bekerja dan bekerja untuk mendapatkan banyak uang.

Ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang tambahan yaitu dengan mengumpulkan sampah di area kampung citampi dan menjualnya ke pak Tatang. Kegiatan ini sangat efektif bila ingin mendapatkan banyak uang. Namun ada syarat yang harus terpenuhi yaitu konsisten. Karena hanya diberikan tas dengan kapasitas yang terbatas, maka kalian hanya bisa menyimpan 5 sampah saja. Setelah itu bisa dijual terlebih dahulu untuk mengosongkan isi tas tersebut, dan setelahnya mencari sampah lagi. Semakin konsisten, semakin kalian cepat kaya.

Namun pada minggu kelima ada item tambahan yang bisa digunakan untuk mendapatkan uang lebih banyak. Jadi di minggu ke 5, pak tatang akan memberikan alat pancing secara gratis. Kemudian sebagai player kita dapat memancing ikan yang nantinya ikan tersebut dapat di jual ke pak Tatang dengan harga yang lebih mahal dari sampah yang sudah dikumpulkan.

Ada konsekuensi yang harus diterima yaitu berkurangnya stamina yang kalian miliki. Setiap kali kalian memancing akan mengurangi 5% stamina. Hal tersebut yang menjadi pembeda antara memancing dan mengumpulkan sampah. Sekarang semua kembali lagi kepada kalian sebagai player. Intinya konsistensi sangat diperlukan.

Hutang Lunas, Saatnya Bebas

10 Minggu bukan waktu yang sebentar untuk seseorang yang berjuang melunasi hutang. Mencari uang setiap hari untuk melunasi hutang, hingga mengesampingkan hak diri sendiri seperti tempat tinggal dan wanita pujaan. Setelah lunas, membeli rumah dan mencari kekasih yang didambakan merupakan tugas selanjutnya untuk kalian.

Setidaknya ada 4 gadis yang bisa kalian dekati dan nikahi nantinya. Setiap gadis memiliki pribadi yang berbeda-beda. Oleh sebab itu pendekatan yang dilakukan pun juga berbeda. Sekarang, semua tergantung kalian. Apa kriteria yang paling kalian sukai dan pilih lah salah satu gadis tersebut untuk menjadi seorang istri.

Keimpulan

Mari izinkan kami memberikan kelebihan dan kekurangan setelah review Citampi Stories yang cukup panjang. Kelebihan dari game ini yaitu jalan cerita yang cukup ringan, mekanik permainan yang menarik, tugas yang tidak sulit dari karakter NPC, banyak karakter pendukung yang memberikan jalan cerita berbeda, mudahnya mencari uang dan desain visual yang cukup fun.

Sekarang mari bahas kekurangannya yaitu kecilnya ruang lingkup untuk karakter bereksplorasi, gameplay yang berulang-ulang, terdapat bug pada minggu ke 5, tidak dapat memilih karakter utama, tidak dapat mendesain karakter utama. Game ini mungkin tidak cocok untuk kalian yang bosan dengan mekanik permainan diulang-ulang, tidak menyukai game dengan desain visual yang hanya 8 bit saja, dan tidak menyukai game dengan mode offline.

Sekian review Citampi Stories dari kami. Mungkin banyak kekurangan yang datang dari penjelasan kami di atas. Semoga review ini memberikan gambaran kepada kalian mengenai game Ikan Asin Production. Bila ingin tau lebih detail, kalian bisa langsung memainkan game Citampi Stories.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *