ROG Phone II Smartphone Gaming Canggih

ROG Phone II Smartphone Gaming Paling Canggih

Sepertinya memang pantas bila kita menyebut Asus ROG (Republic of Gamers) sebagai salah satu penyedia gaming hardware terbesar di dunia. Kenapa tidak? Karena mereka selalu berinovasi terhadap produk yang mereka miliki.

Kita bisa ambil contoh bagaimana Asus ROG dapat mengerti kebutuhan gamer hingga saat ini. Tidak hanya fokus mengembangkan kebutuhan game PC saja. Tetapi juga mengerti bagaimana keresahan gamer terhadap sedikitnya keberadaan smartphone yang dapat memberikan pengalaman bermain game di handphone yang lebih maksimal. Oleh sebab itu Asus ROG menghadirkan ROG Phone, dan yang terbaru ROG Phone II yang akan kita bahas lebihdetail di artikel ini.

Jadi sebelum lanjut ke pembahasan lebih mendalam mengenai ROG Phone II. Di sini kita sudah harus sama-sama sepakat ya. Kalau Asus ROG merupakan penyedia gaming hardware yang memang terbukti memiliki kualitas luar biasa. Bukan hanya design, tetapi juga memberikan performa berkualitas yang super gahar.

Sebelumnya kamu harus tau. Awal mula kemunculannya, game hanya tersedia untuk platform PC dan konsol. Namun seiring kemajuan teknologi, kini sudah banyak tersedia beberapa game yang bisa dimainkan di perangkat seluler (smartphone).

Dahulu kata gamer biasa digunakan oleh orang-orang yang sangat antusias terhadap video game di konsol maupun PC. Tapi semenjak game smartphone hadir, pandangan tersebut mulai berubah. Ada beberapa alasan kenapa gamer menyukai game di smartphone.

Salah satunya yaitu para Developer game di smartphone juga sudah mulai mengembangkan sebuah game yang lebih kompetitif untuk dapat bersaing dengan game PC dan konsol. Kompetitif yang dimaksud ialah ekosistem yang sebenarnya sudah lama terbentuk sejak munculnya game di PC dan konsol yaitu esports.Terjunnya game smartphone ke ekosistem esports diterima sangat baik oleh banyak orang.

Bukan hanya esports alasan orang-orang menyukai game smartphone. Setidaknya ada alasan lain mengapa game mobile semakin digemari.

  1. Alasan pertama yaitu kini gamer tidak menggunakan konsol, televisi, laptop ataupun PC gaming untuk bermain game. Hanya dengan menggunakan smartphone mereka sudah bisa memainkan game dimana saja dan kapan saja.
  2. Alasan kedua yaitu tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak. Tidak seperti PC dan konsol, smartphone memiliki harga yang lebih terjangkau. Bahkan untuk smartphone kelas atas memiliki harga yang lebih murah dari PC atau Laptop gaming premium.

Pertanyaan besarnya…..

Apakah smartphone biasa sudah optimal untuk bermain game? Bagaimana jika terdapat sebuah smartphone yang dapat memberikan pengalaman bermain game lebih baik dari smartphone mainstream yang ada saat ini?

Dua pertanyaan tersebut berhasil dijawab oleh ROG Phone II, smartphone gaming paling canggih saat ini. Tidak hanya hadir dengan perfroma yang lebih baik, ROG Phone II hadir sebagai versi penyempurnaan dari ROG Phone generasi pertama. Jadi ROG Phone II memiliki fitur yang lebih lengkap untuk menunjang kebutuhan gamer.

Pengalaman Menggunakan ROG Phone II

ROG Phone II Smartphone Gaming Canggih

Mari kita mulai dari pengalaman saya memainkan ROG Phone II. Pertama kali merasakan ROG Phone II ketika pihak Tencent menyelenggarakan turnamen PUBG Mobile Campus Championship di salah satu Mall ternama di Jakarta. Di sana terdapat booth dari ROG Phone II yang memberikan kesempatan kepada pengujung untuk dapat merasakan sendiri kegaharan dari ROG Phone II.

Setelah cukup lama mengantri akhirnya saya mendapat giliran untuk bisa merasakan pengalaman bermain game di ROG Phone II. Kebetulan game yang saya mainkan yaitu PUBG Mobile. Game Battle Royale ini bisa dibilang membutuhkan spesifikasi handphone yang tinggi. Karena bila spesifikasi terlalu rendah maka pengalaman bermain yang diberikan akan kurang memuaskan.

Namun berbeda ketika saya mencoba memainkannya dengan ROG Phone II. Kualitas yang diberikan memang tidak main-main. Handphone gaming ini sangat mampu memberikan kualitas grafik yang luar biasa. Saya tidak merasakan pengalaman buruk seperti lag saat memainkan PUBG Mobile.

Mungkin karena spesifikasi dari ROG Phone II yang cukup tinggi, dimana ia memiliki screen type yaitu 120Hz/1ms. Jadi bisa dikatakan 120Hz/1ms sebagai refresh rate yang diberikan layar ROG Phone II, sudah dapat dimaksimalkan dengan kualitas game bila menggunakan settingan 60 fps. Sehingga saya tidak merasakan lag sama sekali. Karena fps juga menjadi salah satu penyebab kenapa game bisa lag saat bermain.

Kalau kamu bingung dengan istilah fps (frame rate per second) dan refresh rate, bisa simak penjelasannya di video pengertian fps. Karena kalau handphone tidak memiliki refresh rate yang tinggi, percuma kamu mengatur fps game ke titik maksimal di 60 fps

Ingat ya, tidak hanya jaringan saja yang menyebabkan lag saat bermain game. Tetapi rendahnya angka fps juga menjadi penyebabnya. Untuk menghindari hal tersebut. ROG Phone II sudah hadir dengan refresh rate yang sangat tinggi untuk ukuran sebuah handphone.

ROG Phone II Smartphone Gaming Canggih

Hal lain yang membuat saya kagum yaitu ketika saya menyadari bahwa colokan charger memiliki letak yang berbeda dari handphone pada umumnya. Bila kita memainkan game online dengan posisi hape landscape (posisi miring), colokan berada pada posisi bawah dan kabel charger tidak akan menggangu kita saat bermain game. Ini merupakan hal kecil tapi memiliki pengaruh yang sangat besar untuk gamer yang suka bermain game smartphone. Dari sini saja kita sudah bisa menilai betapa mengertinya ROG Phone II terhadap gamer smartphone. Sungguh luar biasa ya.

Tidak hanya itu saja, saat pertama kali menggenggam ROG Phone II, terasa sekali kekarnya handphone ini. Design bodi yang diberikan sangat compact di tangan dan memberikan kenyamanan yang luar biasa. Seakan skill bermain meningkat ketika bermain game menggunakan ROG Phone II.

Apakah keunggulannya hanya itu saja?

Jawabannya sudah pasti tidak dong. Keunggulan yang saya sebutkan diatas hanya berdasarkan pengalaman singkat ketika memainkan ROG Phone II. Dibilang singkat ya karena itu merupakan handphone pameran yang ditujukan untuk pengunjung yang ingin merasa ROG Phone II secara langsung. Jadi harus gantian mainnya.

Biar kamu lebih yakin, mari simak penjelasannya secara detail berikut.

Keunggulan ROG Phone II

Performa Paling Kencang dan Tahan Lama

ROG Phone II

Untuk membuktikan keganasannya, ROG Phone II sudah didukung oleh SoC paling kencang saat ini. Kalau kamu beum tau mengenai SoC, singkatnya gini. SoC itu merupakan kepanjangan dari Systme on Chip. Biasanya orang lebih mengenal Chipset. Cuman tetap bahasa yang tepat yaitu SoC.

SoC merupakan otak dibalik kencangnya performa sebuah Smartphone. Di dalam SoC terdapat beberapa komponen yang kamu juga pasti udah gak asing lagi seperti prossecor, GPU, DSP, memori/RAM, ISP, fitur keamanan, fitur konektivitas dan lain sebagainya. Nah komponen-komponen tersebut digabungkan menjadi satu dalam bentuk chip kecil yang digunakan untuk smartphone.

Untuk CPU di dalam SoC yang digunakan oleh ROG Phone II yaitu Snapdragon 855 Plus yang disandingkan dengan GPU Andreno 640. Snapdragon 855 Plus merupakan CPU baru yang dipasarkan oleh Qualcomm di tahun 2019. Buat kamu yang belum tau, CPU berguna sebagai otak yang mengatur kinerja smartphone agar lebih cepat. Sedangkan GPU berguna untuk mengatur grafik di dalam smartphone. Biasanya GPU juga dikenal sebagai VGA.

Snapdragon 855 Plus memiliki clockcpeed 2,96 GHz yang mampu mendongkrak peforma dari GPU Andreno 640 15% lebih tinggi dibandingkan GPU yang sama di pendahulunya yaitu di Snapdragon 855. Jadi kamu gak perlu khawatir memilih game handphone dengan spesifikasi tinggi. Karena perpaduan antara Snapdragon 855 Plus dengan Adreno 640, game handphone kelas berat dapat dimainkan dengan lancar.

Ditambah lagi smartphone gaming ini memiliki ROM atau storage berkapasitas hingga 512GB dengan UFS 3.0 yang menyediakan penyimpanan ultra cepat dan konektivitas supercharged dengan kecepatan pengunduhan 4G LTE Cat 18 hingga 1,2 Gbps.

Selain Snapdragon 855 Plus dan Andreno 640, ada satu fitur yang mendukung kencanganya kinerja ROG Phone II saat bermain game yaitu sistem pendingin aktif eksternal AeroActive Cooler II. Sistem pendingin ini didukung dengan teknologi 3D Vapor Chamber yang terhubung dengan heatsink yang menjalar hingga ke bagian ventilasi di belakang bodi ROG Phone II. Ventilasi tersebut berfungsi untuk melepas udara panas agar tidak terperangkap di dalam bodi smartphone gaming ini. Oleh sebab itu, ROG Phone II merupakan smartphone gaming yang bisa mempertahankan clockspeed di 2,96GHz secara terus menerus saat bermain game.

Ada satu lagi keunggulan yang bisa didapatkan dari Snapdragon 855 Plus yang tertanam di dalam ROG Phone II yaitu kamu bisa menggunakan fitur Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR).

Kualitas Layar Terbaik

ROG Phone II Smartphone Gaming Canggih

Biasanya smartphone dengan Snapdragon 855 Plus menghadirkan layar dengan refresh rate yang tinggi. Hal tersebut diaplikasikan oleh ROG Phone II, yang mana refresh rate dari smartphone gaming ini ialah 120Hz dengan menggunakan layar AMOLED yang dilenkapi dengan Corning Gorilla Glass 6 untuk melindungi tampilan canggih ROG Phone II.

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, kalau refresh rate yang tinggi itu sangat penting. Hal ini untuk mendukung kelancaran dalam bermain game. Sehingga kamu tidak perlu khawatir mengatur fps ke tingkat tertinggi yang dimiliki game. Sebagai contoh, kalau kamu bermain game PUBG Mobile dan mengatur fps ke 60fps. Maka kamu akan merasakan pengalaman bermain yang mulus dan halus dengan 60 fps tersebut. Karena refresh rate yang dimiliki oleh ROG Phone II lebih tinggi dari jumlah fps yang kamu minta. Jadi ROG Phone akan dengan mudah memenuhi keinginan kamu bermain game dengan 60fps.

Untuk layar AMOLED yang dimiliki ROG Phone II menghadirkan warna yang sangat akurat. Belum lagi keunggulan ini didukung oleh teknologi 10-bit HDR, yang mana layar tersebut memiliki deviansi warna atau Delta E < 1 serta memiliki tingkat reproduksi warna pada color space DCI-P3 sebesar 100%. Apa fungsinya? Fungsinya yaitu untuk menampilkan konten di dalam game sesuai dengan apa yang developer game tersebut ingin hadirkan.

Tidak hanya memberikan refresh rate yang tinggi, layar ROG Phone II juga memiliki respon yang cepat. Dengan touch sampling rate 240Hz, dukungan pipeline khusus untuk sistem layar sentuhnya, serta optimalisasi khusus pada framework Android, membuat layar ROG Phone II memiliki waktu respon hanya 49ms di refresh rate 120Hz. Angka tersebut merupakan waktu respon layar tercepat yang ada saat ini dan tentu saja akan membuat gamer memiliki respon yang lebih baik di dalam game yang dimainkan.

Gimana, kamu sudah kagum mengetahui keunggulan yang dimiliki ROG Phone II? Sabar-sabar, masih ada lagi keunggulan lainnya. Jadi kamu harus bersiap menerima semua keunggulan dari ROG Phone II ini.

Bermain Game Lebih Lama

ROG Phone II Smartphone Gaming Canggih

Hadir dengan dengan kapasitas baterai raksasa yaitu 6.000 mAh, menjadikan ROG Phone II sebagai smartphone gaming dengan kapasitas terbesar saat ini. Berkat kapasitas baterai yang besar tersebut, ROG Phone II dapat menjalankan game QQSpeed selama 10.3 jam, Kings of Glory selama 7.5 jam, dan PUBG Mobile selama 7.1 jam. Dengan kata lain, ROG Phone II dapat menemani gamer bermain game seharian.

“Yah tapi pas baterainya abis, kita charger handphonenya lama dong. Apalagi daya baterai 6.000 mAh”

Tenang saja, karena ROG Phone II dilengkapi dengan HyperCharge Technology yang mampu mengisi 4.300 mAh hanya dalam waktu 56 menit menggunakan charger khusus berdaya 30W. Sehingga pengisian daya menjadi lebih singkat dan aman tentunya. Gamer juga dapat menggunakan charger lain yang mendukung teknologi Qualcomm Quick Charge 4.0. Satu lagi, terdapat fitur PD charging yang membuat kamu lebih leluasa mengisi daya smartphone dengan pengisi daya USB Type-C apapun, atau mengisi daya perangkat lain dengan ROG Phone II.

Dirancang Khusus untuk Bermain Game

ROG Phone II Smartphone Gaming Canggih

Sebelumnya saya sudah sampaikan di atas, kalau kamu bermain game sambil mengisi daya baterai, kamu tidak akan terganggu dengan kabel chargeran. Karena desainnya telah dioptimalisasi untuk bermain game dalam orientasi landscape. Makanya ROG Phone II hadir dengan Side-mounted Ports yang memungkinkan gamer tetap mengisi daya smartphone yang berada di bagian samping bodinya. Side-mounted Ports juga membuat sesi bermain game lebih nyaman karena posisinya tidak mengganggu tangan.

Fitur gaming lainnya yang hanya ada di ROG Phone II adalah AirTrigger II. Fitur gaming yang merupakan pengembangan dari ROG Phone pertama ini memiliki respon yang jauh lebih cepat serta telah dilengkapi dengan gesture tambahan. Teknologi AirTrigger II ditingkatkan menggunakan arsitektur canggih untuk mengurangi latensi getaran hingga 20ms, dan juga memberikan kontrol sentuh ultrasonik yang presisi. ROG Phone II sudah didukung dengan fitur tap dan slide. Gamer dapat memanfaatkan AirTrigger II untuk memudahkan mereka ketika bermain game apapun.

AirTrigger II kompatibel dengan semua game yang ada di Android yang dapat diatur langsung melalui GameGenie. Mengenai GameGenie di ROG Phone II, gamer kini dapat melakukan lebih banyak hal lewat fitur gaming eksklusif tersebut. GameGenie memungkinkan gamer untuk memantau performa, memanfaatkan fitur macro, melakukan perekaman hingga melakukan live streaming. Benar-benar dimanjakan sekali para gamer dengan fitur dari ROG Phone II.

GameGenie juga terintegrasi dengan fitur Armoury Crate. Fitur gaming tersebut merupakan pusat kontrol ROG Phone II sekaligus fitur untuk memaksimalkan pengalaman bermain game. Semua game yang terpasang di ROG Phone II akan ditampilkan di Armoury Crate dan gamer dapat mengatur performa masing-masing game sesuai dengan kebutuhan.

ROG Phone II dilengkapi dengan sistem kualitas audio terbaik di kelasnya dengan Dual Front Facing Speaker yang mendukung teknologi Dual NXP, APT-X, Hi-Res Audio, jack headphone 3,5 mm dan DTS: X Ultra, hingga Outdoor Mode untuk memberikan kualitas suara sekelas teater. Dengan demikian gamer bisa bermain game dengan nyaman berkat kualitas audio yang jernih.

ROG Phone II juga dilengkapi dengan empat antena Wi-Fi yang diposisikan secara khusus sehingga tidak akan tertutup tangan saat bermain game. Hal tersebut memungkinkan bisa menerima sinyal dengan baik dan tidak akan membuat sesi bermain game menjadi terganggu.

Untuk nambah pengalaman bermain lebih memuaskan. ROG Phone II menghadirkan fitur Dual Surrounding Vibration. Dibantu dengan AirTrigger II, Dual Surrounding Vibration memberikan kesan nyata saat kamu bermain game. Sebagai contoh, bila kamu memainkan salah satu game racing yaitu Asphalt 9, kamu akan merasakan getaran hebat dari handphone ketika mobile menabrak, terjatuh, melakukan drift dan sebagainya. Jadi membuat kamu seolah-olah sedang mengendarai mobile sungguhan.

Mendapatkan Aksesoris Gaming Premium dari ROG Phone II

Selain mendapatkan AeroActive Cooler II yang berguna untuk menjadi pendingin. ROG Phone II juga dilengkapi dengan sederet aksesoris gaming premium yang dapat membuat pengalaman main game menjadi lebih baik. Aksesoris tersebut dihubungkan melalui Side-mounted Port dan hanya bisa digunakan di ROG Phone II. Oke sekarang mari kita lihat aksesorisnya.

TwinView Dock II

TwinView Dock II

TwinView Dock II merupakan aksesoris berupa layar tambahan untuk ROG Phone II. Nantinya akan ada dua layar yang bisa kamu atur dengan tampilan berbeda. Jadi kamu bisa bermain game sambil melihat tutorial atau tips & trick mengenai game yang sedang dimainkan tanpa mengurangi performa ROG Phone II. Mungkin terlihat jadi berat, tapi kenyataannya bobotnya dibuat ringan, lebih seimbang dan juga terdapat pendinginnya. Aksesoris ini juga dapat berperan sebagai powerbank yang dilengkapi baterai internal 5.000 mAh.

Kunai Gamepad

Kunai Gamepad

Kunai Gamepad memungkinkan ROG Phone II hadir dengan kontrol fisik layaknya game console. Kunai Gamepad dilengkapi dengan tombol analog dan bumper fisik yang sangat cocok untuk gamer yang gemar bermain game action, fighting, atau RPG. Jadi kamu seperti memainkan sebuah konsol tapi yang memiliki layar. Aksesoris ini dapat dikombinasikan juga dengan TwinView Dock II.

Aero Case

Aero Case

 

ROG Phone II juga didukung dengan Aero Case yang berguna untuk menignkatkan pembuangan panas secara optimal dan melindungi smartphone gaming ini dari benturan dan gesekan sehari-hari. Desain kerangka dari Aero Case menambah kesan unik namun tetap gahar bila dikombinasikan dengan ROG Phone II.

ROG Lighting Armor Case

ROG Lighting Armor Case

Aksesoris ini tidak hanya melindungi ROG Phone II dari benturan maupun goresan. ROG Lighting Armor Case juga berguna untuk memberikan tampilan ROG Phone lebih gahar dan keren pastinya. Saat kamu memasangkan aksesoris ini, maka secara otomatis logo ROG (Republic of Gamers) di belakang aksesoris ROG Lighting Armor Case akan menyala. Untuk cahaya bisa diatur sesuai selera kamu.

AeroActive Cooler II

AeroActive Cooler II

Aksesoris ini berguna untuk mengarahkan aliran udara secara efektif ke sistem Aerodinamika ROG untuk pendinginan yang lebih baik pada beban tinggi, yang secara langsung memberikan kinerja yang lebih baik. Jadi kamu gak perlu takut smartphone gaming ini akan panas saat berlama-lama bermain game.

Desktop Docking

Desktop Docking

Desktop Docking memungkinkan ROG Phone II terhubung ke monitor 4K UHD eksternal atau televisi. Aksesoris ini juga memungkinkan gamer untuk menggunakan mouse serta keyboard untuk bermain game. Cukup menyambungkan LAN melalui kabel dan gunakan output S/PDIF untuk menggerakan sistem suara surround 5.1. Jadi kamu bisa bermain PUBG Mobile atau Asphalt 9 dengan monitor PC atau televisi sebagai layarnya. Mantap kan.

Kamera Super Canggih

Kamera ROG Phone II

Oya satu lagi nih keunggulannya. Walaupun fokus dari ROG Phone II sebagai smartphone gaming. Tapi ia tetap tidak melupakan keunggulan dari kameranya tang berkualitas tinggi. Kamera di ROG Phone II menggunakan modul dan spesifikasi yang sama dengan Zenfone 6 yaitu menggunakan sensor Sony flagship IMX586 beresolusi 48MP serta sensor dengan lensa ultrawide beresolusi 13MP.

Sementara kamera depannya menggunakan sensor 24MP yang telah dilengkapi dengan LED Flash serta diposisikan secara khusus agar optimal untuk live streaming. Dengan demikian, gamer tidak perlu menggunakan kamera eksternal atau perangkat lainnya untuk melakukan live streaming.

Kamera ROG Phone II juga telah dilengkapi dengan teknologi HDR+ yang memungkinakna pengambilan gambar berkualitas tinggi pada kondisi minim cahaya. Fitur lainnya adalah dukungan perekaman video 4K 60fps menggunakan kamera utamanya.

Benchmark Score

Agar kamu lebih yakin dengan performa super canggih ROG Phone II. Kamu bisa melihat bechmark score dari smartphone gaming super canggih ini. Agar kamu bisa memiliki gambaran betapa gaharnya kinerja yang diberikan ROG Phone II.

ROG Phone II ROG Phone II ROG Phone II

Kesimpulan

Dari semua keunggulan dari masing-masing fitur dan tambahan aksesoris premium. ROG Phone II memang pantas disebut sebagai smartphone gaming terbaik, tercanggih dan terkeren saat ini. Semua keunggulannya sangat memanjakan gamer yang ingin bermain game berat di smartphone tanpa takut lag, panas atau hal buruk lainnya.

Jadi buat kamu yang ingin beli ROG Phone II tidak usah ragu. Karena ROG Phone II memang sangat berkualitas dan terbukti sangat canggih. Kalau kamu ingin membeli smartphone gaming ini, terdapat dua opsi. Pertama ROG Phone II dengan RAM 8GB dan Kapasitas internal sebesar 128GB memiliki harga Rp 8.499.000. Kedua ROG Phone II dengan RAM 12GB dan Kapasitas internal sebesar 512GB memiliki harga Rp 12.499.000.

Silahkan dipilih yang sesuai dengan kebutuhan kamu ya. Kesimpulannya ROG Phone II merupakan rekomendasi smartphone gaming untuk gamer. #ASUSROGID #ASUSROGPhoneII #SmartphoneGamingPalingKeren

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *